Postingan Populer

Pengikut

Arsip Blog

Postingan Populer

Nama Bulan Ini Diambil dari Mitologi Yunani

detail berita
(Foto: Redorbit)
WASHINGTON - Lebih dari tiga dekade lalu, astronom telah menemukan Bulan pada Saturnus yang bernama Telesto. Penamaan Bulan yang ditemukan dengan observasi dari Bumi ini diambil dari mitologi Yunani.

Dilansir Redorbit, Selasa (9/4/2013), beberapa astronom seperti Bradford A. Smith, Harold Reitsema, Stephen M. Larson serta John W. Fountain melakukan pengamatan dari Bumi pada 8 April 1980 dan menemukan Bulan pada planet bercincin tersebut. Bulan ini secara resmi dinamakan Telesto, yang merupakan mitologi Yunani.

NASA mengatakan, Telesto yang juga disebut Saturn XIII atau Tethys B ini dikenal sebagai Tethys Trojan, karena Bulan ini mengorbit Saturnus. Telesto mengorbit sekira 60 derajat di depan orbit Tethys dan Calypso.

Telesto dan Calypso dikenal sebagai Bulan Trojan karena keduanya merupakan Bulan yang mengorbit Saturnus. Saturnus juga memiliki Bulan bernama Dione, yang ditemukan pesawat luar angkasa Cassini pada 1684.

Telesto berjarak sekira 15 mil dan memiliki permukaan halus dan es. Badan antariksa Amerika Serikat mengatakan, Bulan ini tidak menunjukkan adanya tanda-tanda kawah seperti yang terlihat pada Bulan milik Saturnus lainnya.

Cassini telah menangkap gambar Telesto pada 2005. Pesawat luar angkasa tersebut mengabadikan gambar dalam cahaya polarisasi hijau dengan kamera sudut sempit tepatnya pada 11 Oktober 2005 dengan jarak sejauh 9 ribu mil.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori NEW | UNIK dengan judul Nama Bulan Ini Diambil dari Mitologi Yunani. Jika kamu suka, janganlike dan bagikan keteman-temanmu ya... By : CELL ROUF
Ditulis oleh: cell rouf - Kamis, 18 April 2013

Belum ada komentar untuk "Nama Bulan Ini Diambil dari Mitologi Yunani"