Postingan Populer

Pengikut

Arsip Blog

Postingan Populer

Ditemukan Artefak Berusia 4000 Tahun

detail berita
Ilustrasi (Foto: archaeologynewsnetwork)
BHOPAL – Arkeolog menggali batu-batuan tembaga berumur empat ribu tahun, berupa gerabah (alat masak) di sebuah desa terpencil pada tepi sungai Narmada, Bhopal, India Tengah. Ini merupakan penemuan paling penting yang berhasil ditemukan para arkeolog di wilayah tersebut.

Dilansir StonePages, Senin (15/4/2013), seorang arkeolog dari Archeology Department Commissioner, Pankaj Rag mengatakan gundukan setinggi 150-200 meter ditemukan di desa Birjakhedi. “Semakin kita menggali permukaannya, semakin banyak harta yang ditemukan,” ungkap Pankaj.

Kejutan lainnya adalah penemuan plak (batu manik-manik dan potongan mainan yang terbuat dari terakota atau tanah liat). Selain itu, dengan adanya penemuan mangkuk, piring, dan guci juga membuktikan kehidupan pada periode ketika manusia mulai membangun rumah dan menetap berkelompok dekat tepi sungai.

Bukan hanya itu, arkeolog bernama DK Marthur dan Dr. OP Mishra, juga menemukan beberapa pot dan tempayan juga ditemukan secara utuh. Beberapa potongan diantaranya memiliki kesan berwarna. Adapun, manik-manik perhiasan yang ditemukan di situs tersebut dibuat dari kedua batu dan gading.

Pemerintah setempat meyakini penemuan tersebut memiliki bukti yang jauh lebih penting dan bermakna lebih besar dibandingkan temuan lain sebelumnya di tepi sungai Narmada.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori NEW | UNIK dengan judul Ditemukan Artefak Berusia 4000 Tahun. Jika kamu suka, janganlike dan bagikan keteman-temanmu ya... By : CELL ROUF
Ditulis oleh: cell rouf - Kamis, 18 April 2013

Belum ada komentar untuk "Ditemukan Artefak Berusia 4000 Tahun"