Postingan Populer

Pengikut

Arsip Blog

Postingan Populer

Astronom Berburu 100 Miliar Planet Mirip Bumi

detail berita
Ilustrasi (Foto: Astrobio)
AUCKLAND - Peneliti di University of Auckland mengusukan sebuah metode baru untuk menemukan planet mirip Bumi. Mereka meyakini bahwa terdapat hingga 100 miliar planet yang bisa ditemukan di luar angkasa.

Dilansir Astrobio, Jumat (5/4/2013), strategi ini menggunakan teknik dengan nama gravitational microlensing, yang baru-baru ini digunakan oleh ilmuwan Jepang dan Selandia Baru. Ilmuwan melaporkan temuannya pada Monthly Notices of the Royal Astronomical Society.

"Proposal kami ialah untuk mengukur jumlah planet mirip Bumi yang mengorbit bintang," ungkap ilmuwan Phil Yock. Ia mengestimasi, dari sekian miliar planet persis Bumi, kemungkinan beberapa planet tersebut bisa dihuni.

"Pesawat luar angkasa Kepler menemukan planet seukuran Bumi yang berlokasi dekat dengan bintang induknya", tuturnya. Ia memperkirakan bahwa ada miliar planet asing yang serupa dengan Bumi yang berada di galaksi Bima Sakti.

Seperti diketahui, planet pertama yang mengorbit bintang mirip Matahari tidak pernah ditemukan hingga 1995. Peneliti menjelaskan bahwa hal tersebut menunjukkan sulitnya astronom dalam mendeteksi keberadaan planet-planet di luar sistem tata surya.

Dalam beberapa tahun terakhir, teknik microlensing ini dimanfaatkan untuk mendeteksi beberapa planet besar seperti Neptunus dan Jupiter. Yock dan timnya mengusung pendekatan microlensing baru untuk mendeteksi planet mirip Bumi.

Penelitian yang dilakukan di University of Auckland dan Prancis ini melibatkan simulasi planet mirip Bumi, yang bisa terdeteksi dengan mudah. Teleskop robot juga membantu dalam memantau atau memonitor orbit planet kembaran Bumi tersebut
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori NEW | UNIK dengan judul Astronom Berburu 100 Miliar Planet Mirip Bumi . Jika kamu suka, janganlike dan bagikan keteman-temanmu ya... By : CELL ROUF
Ditulis oleh: cell rouf - Kamis, 18 April 2013

Belum ada komentar untuk "Astronom Berburu 100 Miliar Planet Mirip Bumi "